Coretan Tentang Cahaya

Apa sih Cahaya itu? Cahaya adalah perambatan gelombang yang dihasilkan oleh kombinasi medan listrik dan medan magnet. Gelombang yang dihasilkan oleh kombinasi medan listrik dan medan magnet disebut gelombang elektromagnetik.

Pada mulanya, cahaya didefinisikan sebagai aliran partikel yang dipancarkan oleh benda penghasil cahaya (sumber cahaya). Tetapi, penyelidikan lain menyatakan bahwa cahaya adalah gelombang karena cahaya adalah gelombang karena cahaya memiliki sifat-sifat seperti yang dimiliki gelombang. Pada akhirnya, para ahli menyimpulkan bahwa kedua teori tersebut sama benarnya (cahaya adalah materi yang merambat dan cahaya adalah gelombang).

226269_1733292488434_3363761_n

Panjang gelombang cahaya menentukan jenis cahaya yang dihasilkan. Berdasarkan panjang gelombangnya, dikenal ada cahaya tampak dan cahaya tidak tampak. Cahaya tampak adalah jenis gelombang elektromagnetik yang dapat ditangkap oleh mata manusia. Panjang gelombang cahaya tampak berkisar antara 4×10^-7 m (ungu) hingga 7×10^-7 (merah). Di luar rentang tersebut mata manusia tidak bisa mendeteksinya. Oleh karena itu, cahaya di luar rentang ini disebut cahaya tidak tampak.Sebagai contoh cahaya tidak tampak adalah sinar gamma, sinar X, sinar ultraungu, dan sinar inframerah.

Cahaya memiliki sifat-sifat antara lain merambat lurus, dapat menembus benda bening, dapat dipantulkan, dan dapat dibiaskan.

Satu pemikiran pada “Coretan Tentang Cahaya

  1. Jual Lampu LED Bulb http://lampuledbogor.blogspot.com
    Kami menjual lampu LED Bulb, dilihat dari bentuknya LED Bulb ini hampir serupa dengan model lampu pijar atau bohlam konvensional. Type dan varian ini tersedia dalam 5Watt, 7Watt, 9Watt, 12Watt, 15Watt, 20Watt, 20Watt, 30Watt, dan 50watt.
    Jika anda membutuhkan lampu untuk garasi, ruang makan, bengkel kecil, rumah makan, toko ponsel, toko jaket, toko buah, atau toko sembako, lampu jenis ini sangat cocok digunakan karena mempunyai Lumen yang tinggi dan kami menyarankan untuk memakai ukuran 30Watt atau 50Watt. Silahkan menghubungi +6281210789249 WA atau email ke prasetya.ari@dmcgroup.co.id – lampuledbogor.blogspot.com

    Suka

Tinggalkan komentar